Rabu, 24 November 2010

TIPS : MAKANAN PENURUN TRIGLISERIDA

Buah dan Sayur makanan penurun trigliserida

Apa Makanan penurun trigliserida ?. kalau kemarin saya posting makanan mengandung trigliserida, sekarang kebalikanya. Pola makan orang zaman dahulu berbeda dengan sekarang. Dulu orang itu makan dengan perbandingan 70 % Basa dan 30% asam. Tetapi sekarang berbalik, manusia di era modern makan 30% Basa dan 70% asam. Basa adalah makanan alami, tanpa diolah. sehingga mengandung alkali tinggi dan langsung di cerna oleh tubuh. Sedang asam adalah masakan olahan, masakan yang banyak proses pengolahan, sehingga tubuh akan berat mengolahnya, misal makanan instan.

Makanan penurun trigliserida adalah yang banyak mengandung sifat basa atau alami. Misal buah-buahan atau tanaman apapun yang bebas olahan. Dengan banyak makan buah dan makanan alami maka akan menjadi obat penurun trigliserida. Maka sejak sekarang coba ubah pola makan anda dari 70% asam itu ke arah 30% asam. Dengan itu tak terasa anda sudah menjalankan program penurun trigliserida secara alami.

Bagi warga kota tentunya gaya hidup sangan mendukung munculnya trigliserida tinggi, banyak restoran yang menyajikan makanan olahan beraaneka ragam. Maka anda harus pilih makanan yang segar, apalagi kalau ada kejadian masakan di masak berulang-ulang karena gak laku. Bukankan ada riwayat "Nabi tidak suka masakan yang dimasak lagi". Hmm, ternyata makanan yang dimasak lagi jauh berbeda dengan makanan segar.

Jadi intinya makanan penurun trigliserida itu adalah makanan nabati, atau buah-buahan. Dalam Islam ketika mau makan ada sunnah "ambilah yang manis-manis dulu". Maka sebelum makan kita harus konsumsi buah yang manis dulu. Karena sifat buah itu sangat mudah dicerna, cukup 10 menit zat manis buah akan diolah menjadi energi, sedang kalau makan nasi dan daging, maka akan butuh waktu 3 jam bagi lambung untuk menjadikannya energi. Jadi jangan lupa makan buah sebelum makan makanan berat, seperti nasi dan lauk.

Dalam Ilmu foodcombining, makanan itu berbeda bera proses cernanya di tubuh, ada yang cukup 10 menit (jenis makanan penurun trigliserida) dan ada yang lebih dari 3 jam yaitu jenis makanan dari pati, dan protein hewan, misal daging. Dan saya ingatkan lagi karena Trigliserida adalah lemak dalam darah, maka hindari makanan yang lemaknya hasil rekayasa, misal lemak ayam potong, lele, atau ikan ternak dan babi.

Wassalam, Cak majid

8 komentar:

  1. Apakah betul ikan lele dan ikan ternak juga mengandung lemak?

    BalasHapus
  2. betul ikan lele dan ikan ternak mengandung lemak tak jenuh tidak berbahaya kok

    BalasHapus
  3. Semoga bermanpaat untuk semuanya

    BalasHapus
  4. trigliserida saya 43, apakah angka ini aman2 saja?

    BalasHapus
  5. apa betul ada trigliserida menacapai 1000, seperti hasil Tes Lab. istri saya?.terimakasih. dan apa resiko jika memang betul ada.

    BalasHapus
  6. makasih infonya mas.. apa makan mie instan bs menyebabkan naiknya Trigliserida juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trigliserida timbul krn karbohidrat yg berlebihan. Jd kurNgi nasi dan bahan makan yg mengandung karbohidrat tinggi seperti roti. Bahkan roti tawarpun jangan dikonsum bagi mrk yg trigliseridanya tinggi. Resiko jantung dpt terjadi jk tdk srgera diturunkan. Olah raga teratur minimal 15 mnt setiap hari, byk konsumsi sayur dan buah. Minum juice sirsak dan air daun sirsak sgt smpuhmenurunkan kolesterol dan trigliserida.

      Hapus